Pantai Rajegwesi, Pantainya Para Traveler di Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi | Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah administratif dari Propinsi Jawa Timur dan Lokasinya berada di ujung paling timur, Banyuwangi memiliki pesona pariwisata yang luar biasa dengan dukungan pemerintah daerah yang sangat antusias untuk mengenalkan kekayaan obyek pariwisata banyuwangi baik dimedia televisi, online dll, seperti gunug ijen, pantai pulau merah, pantai teluk hijau, pantai Plengkung, taman nasional baluran, pantai sukamade dan satu lagi "Pantai Rajegwesi".

Pantai ini berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Masih dalam kawasan perlindungan Taman Nasional Meru Betiri sama halnya dengan Pantai Teluk Hijau dan pantai Sukamade Banyuwangi. Pantai ini juga merupakan gerbang utama menuju Taman Nasional Meru Betiri dari arah timur dimana terdapat banyak destinasi wisata cantik di Banyuwangi.

Pantai Rajegwesi, Keindahan Pantai di Banyuwangi

http://www.bromomalang.com

Pantai Rajegwesi Banyuwangi berbentuk semacam teluk yang dikelilingi pegunungan, memilki ombak yang relatif kecil dibandingkan dengan pesisir pantai selatan lainnya, hal itu dikarenakan ada bukit dengan batu karang yang tinggi yang mampu menahan gelombang yang datang langsung dari pantai selatan (Samudra Hindia). Hal ini yang menjadikan pantai ini bernama "Rajegwesi". Rajeg yang berarti "tiang panjang / pagar" dan wesi adalah "besi", nama yang diambil dari bahasa jawa yang berarti pagar besi.


Sejarah mengatakan bahwa Penamaan Rajegwesi sendiri juga dikarenakan pada masa penjajahan Jepang, dimana pada waktu itu pemerintah Jepang membawa pekerja dari Yogjakarta untuk menancapkan ribuan tiang besi disepanjang teluk sebagai bagian dari sistem pertahanan lautnya. Sehingga kapal musuh tidak dengan mudah menyusup dari arah pantai. Dan setiap pekerja tersebut diberi kompensasi tanah didaerah tersebut sembari menjaga pantai. Maka tak heran banyak terdapat keturunan Jawa.

Pesona Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pesona yang dimiliki pantai ini sangat indah serta menawan dengan keindahan hamparan laut pasir yang sangat bersih dan bebatuan yang mengandung besi menjadikan pantai ini disukai banyak para wisatawan. ketika ombak datang dengan bunyi yang khas dan menyambar bebatuan akan menambah pesona keelokannya.

Berbeda dengan pantai kebanyakan dibanyuwangi pantai Rajegwesi memiliki pasir berwarna kecoklatan itu disebabkan karena endapan lumpur disungai yang terbawa dan bermuara dipantai ini saat banjir tiba, namun tidak menguragi keindahan dari pantai ini desebabkan pasir yang berada di kawasan pantai sangatlah lembut dan bersih seperti pasir pantai lain namun yang berbeda dari segi warna.

Selain pemandangan yang menawan, pantai Rajegwesi juga merupakan pintu masuk dari destinasi wisata lain yang ada dikawasan Taman Nasional Meru Betiri. Dengan menyeberang menggunakan jasa perahu nelayan setempat,anda akan dapat sampai didestinasi yang diinginkan seperti destinasi pantai Teluk Hijau (Green Bay), pantai Sukamade, wedi ireng dan destinasi lain sesuai yang masih masuk dalam satu kawasan. Disekelilingnya terdapat hutan tropis nan masih nampak hijau dan alami.

Seperti halnya dengan pantai Sukamade Banyuwangi, Rajegwesi juga merupakan habitat dari penyu langka. Disini kita bisa melihat penyu langka bertelur, diantaranya penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik(Eretmochelys imbricata), penyu slengkrah (Lepidochelys olivacea), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Pada waktu-waktu tertentu tukik atau anak penyu yang sebelumnya telah ditangkarkan, dilepas di pantai ini untuk tumbuh dan berkembang.

Pemandangan lain dari pantai ini adalah dijadikannya sebagai pelabuhan bagi para nelayan tradisional yang sekaligus sebagai tempat pelelangan ikan, Jika wisatawan datang ditempat ini saat nelayan mendarat dari melaut,wisatawan dapat menyaksikan hasil laut yang dibawa dan masih segar, gotong royong dan saling bahu membahu saat nelayan lain tiba menandakan kearifan masyarakat lokal. Masyarakat yang datang membantu untuk mendaratkan kapal nelayan akan diberikan 2 ekor ikan segar.

Kearifan masyarakat sekitar terhadap keseimbangan alam ditampakkan dengan diadakannya selamatan pada hari jumat legi dalam kalender jawa dan upacara adat tradisi petik laut pada bulan assyura (suro) dengan memberikan persembahan kepada laut berupa kepala kambing dan seserahan lain yang dibawa dalam satu perahu kecil dengan hiasan aksesoris lain. Persembahan yang di berikan akan “di arak” ke laut lepas beramai ramai dengan menggunakan perahu nelayan.

Bukan hanya itu keunikannya, masih ada keunikan lain yang bisa kami katakan sebagai wisata agro karena pada saat hari raya Lebaran atau Idul Fitri, terdapat aktifitas masyarakat yaitu pembuatan gula Jawa, mulai dari pengambilan air kelapa sampai proses pembuatan gula.

Rute Menuju Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Tidaklah sulit untuk menumpuh perjalan menuju destinasi wisata yang satu ini.bagi anda yang datang baik dari arah jember ataupun banyuwangi anda menuju kota jajag,dilanjutkan ke desa Pesanggaran, sarongan dan sampai dilokasi.

Jalur tersebut dapat dilewati wisatawan dengan kendaraan roda empat
  • Jember ke Jajag 84 km / 2 jam
  • Banyuwangi ke Jajag 65 km / 1 jam
  • Jajag ke Rajegwesi 40 km / 2 jam
Setelah anda akan memeasuki Desa Sarongan jangan harap anda bisa menemukan jalan yang mulus layaknya jalan di perkotaan, hehe... rute yang akan anda lewati dengan jalan yang rusak berlumpur dan berlubang akan memberikan kesan adventure.

walaupun dengan jalan yang rusak akan tetapi akan disuguhi pemandangan alam hutan dan perkebunan seperti pohon jati, sengon, kopi dll.yang masih sangat alami dan tentunya segar dan sejuk, jika beruntung anda akan menemukan hewan liar, Setelah melewati wilayah hutan perkebunan, pemandangan sekitar berubah menjadi rumput ilalang, maka terhamparlah sebuah pantai yang eksotis mempesona. Inilah "Pantai Rajegwesi".

Demikian postingan artikel tentang informasi Pantai Rajegwesi Banyuwangi, somoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan ahir pekan, untuk pemesanan paket wisata banyuwangi, paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo malang batu, paket wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi


Baca Juga Paket Menarik Lainnya: