Wisata Pantai Bambang Dan Watu Godeg Lumajang


Pantai Bambang terletak di pantai selatan, Ombaknya besar bisa mencapai tiga meter. sebagaimana Layaknya Ombak Pantai Selatan,  Tepatnya berlokasi di desa Bago Kecamatan Pasirian, 24 kilometer dari kota Lumajang. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dengan akses jalan beraspal. Konon Pantai Bambang adalah tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul.

Pantai Bambang Lumajang selain menjadi tujuan wisata masyarakat Lumajang dan sekitar, dibeberapa titik juga menjadi lahan eksplorasi pasir pantai. Jika dibanding aktifitas wisata, kegiatan eksplorasi pasir lebih dominan. Truk-truk besar lalu lalang membawa pasir pantai, didukung beberapa alat berat yang siap mengeruk dan menaikan pasir keatas bak truk.


http://www.bromomalang.com


Keindahan Pantai Bambang memang tidak diragukan lagi, namun demikian perlu adanya fasilitas pendukung lain. Fasilitas yang dimaksud yaitu misalnya penambahan area bermain atau pembangunan pantai yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang. Saat hari-hari libur seperti liburan sekolah maupun hari-hari besar, Pantai Bambang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. 

Keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin karena pada saat hari-hari besar pemerintah memperketat keamanan untuk meminimalisir tindak kejahatan maupun menjaga keamanan pengunjung dipantai, pemerintah bekerja sama dengan masyarakat sekitar membentuk tim keamanan yang beranggotakan dari anggota Polsek Pasirian, anggota Koramil Pasirian, anggota Polres Lumajang, dan juga tim SAR. Dengan demikian keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman saat liburan di sana.

Wisata Pantai Bambang merupakan bagian dari deretan pantai selatan, dengan ciri khas ombaknya yang besar.  Sepanjang pinggir pantai terhampar butiran pasir hitam menghampar luas. Sedangkan disisi sebelah barat berjajar deretan pegunungan menambah keindahan panorama pantai. Dengan potensi wisata pantai Bambang yang ada, diharapkan bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi. Peningkatan fasilitas meski sudah ada perlu terus dilakukan, supaya pengunjung lebih nyaman.

Saat berkunjung kepantai Bambang pada hari Sabtu akhir pekan kemarin,  tidak terlihat pengelola atau penjaga di loket masuk, jadi bisa bebas tanpa bayar tiket. Sebenarnya tiket masuknya sangat murah, cukup Rp. 2.000 saja. Untuk pengunjung lain terlihat ada rombongan satu keluarga, sedang menikmati bekal makan dibawah rindangnya pohon waru.

Wisata Pantai Bambang, Lumajang, Jawa Timur, bisa menjadi salah satu destinasi wisata ketika anda berkunjung ke Lumajang. Selain Pantai Bambang masih ada Satu lagi yang tidak kalah menriknya Dengan Pantai Bamabang Yaitu masyarakat Kabupaten lumajang menyebutnya Pantai Watu gedeg

Obyek Wisata Pantai Watu Godeg, terletak di Desa Bulurejo, kecamatan Tempursari, wilayah ujung selatan Kabupaten Lumajang , berjarak 8 Km dari Kecamatan Tempursari kearah Selatan, atau sekitar  80 km dari Kota Lumajang arah selatan.  Dengan adanya jalan tembus Pasirian – Tempursari jaraknya dapat diperpendek menjadi 12 Km dari Kecamatan Pasirian.



http://www.bromomalang.com


Salah satu yang khas dari Pantai Watu Godeg adalah sebuah batu yang menjulang tinggi sendirian di pinggir pantai. Bebatuan tebing tersebut merupakan pecahan, yang terbentuk karena hantaman ombak pantai Selatan yang ganas.  Batu ini menurut beberapa orang sangat sakral, masyakat menamai Watu Gedeg.

Ada pula nama Watu Godeg adalah sebutan sebuah tebing yang menyerupai dinding raksasa mempunyai ketinggian mencapai puluhan meter. Ada yang versi lain, sebutan  Watu Godeg diambil dari keberadaan batu besar di tepi pantai itu. Dalam bahasa Jawa, Watu berarti Batu, dan Godeg adalah sejenis penyakit kulit seperti panu dan kudis. Sehingga masyarakat sekitar mempercayai bahwa dengan mandi di laut ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Versi lain lagi mengartikan Watu Godek, batu besar dipantai bila terkena ombak seperti bergoyang, Godek (geleng kepala).

Pantai ini merupakan pantai dengan pemandangan yang indah, dengan hijaunya perbukitan menjadi latar belakang yang sangat hidup. Begitu pecahan ombak menggiring kearah bibir pantai, adalah pemandangan khas Pantai pantai selatan, pinggiran samudera Indinesia. Selain itu pengujung juga akan disuguhkan dengan tebing bebatuan yang tinggi dan pengunjung bisa melewati dibawah tebingnya serta terbingkai bak lukisan alam. Ketika kita berada di Watu Gedeg dipastikan pengunjung akan tertegun, karena kagum dengan kedasyatan pemandangan yang diwarnai dengan gulungan ombak pantai selatan yang khas da melegenda.

Dalam kondisi tertentu  masih sangat aman dan sehingga pengnjung bisa pergunakan untuk melepas lelah dengan menggelar lesehan dan makan – makan bersama keluarga. Namun pada kondisi musim penghujan, kawasan dibawah Watu Gedeg harus ekstra hati-hati

Menuju watu godeg lumayan butuh nyali, belokan, tanjakan & turunan dengan sudut yang cukup menantang dan alam bebas yang indah, pengunjung disuguhi indahnya samudera hindia, dan juga tebing-tebing indah si sebelah utara. Selain itu juga terdapat danau air payau yang diantarannya berbatas dengan tebing.

Pada kawasan Watu Godeg ada jalan kecil berpasir dan banyak terdapat gundukan. Di pantai Watu Godeg sendiri juga sering sebagai arena motorcross. Jangan coba-coba untuk berjalan di hamparan pasir tanpa alas kaki anda (alias cekeran), kandungan besi pada pasir di pantai ini sangat tinggi. Sehingga saat panas terik siang hari, panasnya akan terserap pada pasir hitam hamparan pantai watu godek.

Itulah Destinasi Wisata Pantai Di Kabupaten Lumajang dan Ini bisa dijadikan Referensi Liburan Anda Saat Berada Di Jawatimur Khususnya di Kabupaten Lumajang Masih Banyak lagi Wisata jawa Timur Selain di Lumajang Sperti Wisata Kota batu malang, Wisata Bromo, Puncak B29 Argosari, Wisata Kawah Ijen dan Wisata Pulau Merah, Wisata Baluran Dll. (sumber www.wisatabromotourmurah.com)

Baca Juga Paket Wisata Menarik Lainya: