Jalur atau Rute Pendakian Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru

Jalur atau Rute Pendakian Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru

www.bromomalang.com
Danau Ranu Kumbolo sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Di Ranu Kumbolo terdapat tempat perkemahan. Tempat ini adalah salah satu titik berangkat untuk mendaki Gunung Semeru. Sedangkan Gunung Semeru Sendiri adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Untuk menuju danau ranu kumbolo dan gunung semeru dimulai dari desa kecil bernama desa ranu pani, disinilah Jalur atau Rute Pendakian Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru, jalur pendakian menuju danau ranu kombolo dan gunug semeru bisa dari dua arah yakni kabupaten lumajang dan kabupaten malang, jika pendaki datang dari malang, pendaki harusah menuju ke arah tumpang yang bisa ditempuh dengan kendaraan -+ 1,5 jam, tiba di tumpang melanjutkan perjlanan menuju ranu pani dengan alternatif memakai sewa jeep menuju ranu pani dengan tarif Rp, 125.000/orang atau juga bisa menaiki mobil masyarakat yang akan menuju ranu pani dengan tarif Rp. 50.000 per orang, tiba di desa ranu pani disinilah desa terahir untuk menuju jalur pendakian ranu kumbolo dan gunung semeru.

Pendakian Jalur Ranu Pani - Danau Ranu Kumbolo

www.bromomalang.com
Di desa ranu pani para pendaki akan melakukan registrasi seperti cek kesehatan, KTP, setelah lengkap persyaratan tersebut di serahkan ke pos pemeriksaan di ranu pani, setelah semuanya lengkap para pendaki melanjutkan perjalanan menuju danau ranu kumbolo dan gunung semeru, untuk trek pertama kali pendaki akan melawati jalan aspal setelah itu akan memasuki kawasan hutan jalur yang akan di lewati berkelok dan tidak terlalu menanjak, dengan hiasan keindahan lembah dan bukit yang akan mengiringi pendakian ke danau ranu kumbolo. durasi jalur pendakian danau ranu kumbolo -+ 4 jam dan jarak -+12 km. setelah tiba di danau ranu kumbolo terbayar sudah kelelahan para pendaki dengan sapaan ilalang dan keindahan danau ranu kumbolo yang seakan menampakkan kecantikan serta sapaan untuk para pendaki yang telah datang di danau ranu kumbolo ini.
Danau Ranu Kumbolo Memiliki luas sekitar 15 hektar dengan hiasan ikan emas yang bermain seakan menyapa kita (para pendaki). serta memiliki ketinggian 2400 mdpl, disinilah para pendaki beristirahat sebelum menuju jalur pendakian gunung semeru atau trekking gunung semeru.

Pendakaian Danau Ranu Kumbolo - Gunung Semeru

www.bromomalang.com
Dari Danau Ranu Kumbolo sebelum melakukan pendakian ke gunung semeru para pendaki akan menuju oro oro ombo sebelum tiba di oro oro ombo para pendaki akan melewati beberapa tanjakan yang sering dinamakan tanjakan cinta, perjalanan pendakian dari danau ranu kumbolo ke oro-oro ombo membutuhkan waktu -+30 menit, dari sinilah puncak gunung tertinggi di pulau jawa akan terlihat indah dengan latar belakang tumbuhan liar yang serasa menemani para pendaki, dari oro oro ombo pendakian dilanjutkan menuju kali mati dengan memasuki hutan yang kaya akan vegetasi, bunga bunga biru dan kuning bertebaran diantara pohon cemara, ditengah hutan ini dinamai dengan ceoro kandang serta jalur yang dilewati tidak terlalu menanjak sampai tibalah di camp kalimati, perjalanan dari danau ranu kumbolo menuju kalimati membutuhkan waktu 4 jam, disinilah para pendaki istirahat dan memulihkan tenaga untuk melanjutkan pendakian menuju puncak semeru (mahameru)


www.bromomalang.com
Dari Kalimati biasanya para pendaki memulai pendakian menuju puncak pagi-pagi sekali, yaitu sekitar pukul 2 pagi dengan melalui hutan cemara dan bukit pasir selama 5 - 6  jam untuk sampai di puncaknya, dengan keadaan jalan yang terjal menanjak. Dari Kalimati perjalanan melewati Arcopodo yakni sebuah tempat camp terekahir yang biasanya digunakan para pendaki bermalam, ditempat ini konon ditemukan 2 buah arca yang sama makanya disebut arcopodo.
Puncak Semeru yang biasa didaki adalah Puncak “Mahameru”. Dari puncak ini akan terlihat kawah yang disebut “Jonggring Saloko” dan yang uniknya setiap 10-15 menit sekali menyemburkan batuan vulkanis dengan didahului asap yang membumbung tinggi. Di puncak Mahameru (Semeru) pendaki disarankan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko, juga dilarang mendaki dari sisi sebelah selatan, karena adanya gas beracun dan aliran lahar. Suhu dipuncak Mahameru berkisar 4 – 10 derajad Celcius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajad Celcius, dan dijumpai kristal-kristal es. Di puncak inilah para pendaki menyematkan dirinya sebagai penakluk puncak tertinggi di Jawa 3.676 mdpl. waw kerenn..!!!

www.bromomalang.com


Demikian informasi artikel tentang Jalur atau Rute Pendakian Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru semoga bermanfaat untuk anda para pecinta petualangan atau adventure, untuk pemesanan paket wisata bromo, wisata bromo malang, wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo dan penginapan bromo murah silahkan hubungi Kontak Kami.

Jalur atau Rute Pendakian Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: