Seputar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Seputar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

www.bromomalang.com
Seputar Taman Nasional Bromo Tengger SemeruBromoMalangTaman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah salah satu Taman Nasional yang terletak di propinsi Jawa Timur Indonesia.  yang terletak di wilayah administratif  Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang, sebelum membahas keindahan dan pesona yang ada di TNBTS kami akan mmemberikan informasi seputar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan referensi taman nasional di jawa timur.

Daftar Nama Taman Nasional lain di Jawa Timur :
1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
2. Taman Nasional Baluran,
3. Taman Nasional Meru Betiri (Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi – Konservasi Penyu) dan
4. Taman Nasonal Alas Purwo (meliputi wisata Gunung Kawah Ijen - Ijen Blue Fire)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan yang paling terkenal di Indonesia maupun taraf internasional karena punya banyak obyek wisata menarik yang bisa di nikmati dan dikunjungi serta juga bisa dijadikan refrensi liburan saat liburan tiba.

Diantaranya Wisata Kawah Gunung Bromo , Wisata Sunrise di Gunung Penanjakan, Lautan Pasir Bromo, Padang Rumput Savana Bromo, Pasir Berbisik , Wisata Trekking Gunung Semeru, Air Terjun Madakaripura, Danau Ranu Kumbolo, Danau Ranu Regulo , Ranu Pane. Rute untuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga sangat mudah.

Layaknya rute menuju Gunung Bromo. Namun ada alternatif lain yang cukup menarik yaitu melalui jalur selatan yauti Malang – Tumpang – Ngadas – TBTS. Setelah mengunjungi beberapa obyek wisata Malang, banyak pengunjung TNBTS yang mengambil langsung rute ini, walaupun cukup ekstrim jalannya namun banyak obyek wisata yang bisa di singgahi, misalnya Coban Pelangi, Coban Trisula, Rafting di Tumpang dsb.

Flora atau jenis tumbuhan yang terdapat pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mempunyai tipe ekosistem sub – montana, montana serta sub – alphin yatu dengan berbagai macam pohon-pohon yang besar dengan usia ratusan tahun seperti Pohon Cemara Gunung, Jamuju, Bunga Edelweis, dan Anggrek dan rerumputan yang langka lainnya.

– Luwak (Paradoxurus hermaphroditus)
– Rusa (Rusa timorensis )
– Kera berekor panjang (Macaca fascicularis)
– Kijang (Muntiacus muntjak)
– Ayam hutan merah (Gallus gallus)
– Macan Tutul (Panthera pardus melas)
– Ajag (Cuon alpinus javanicus)
– Burung alap-alap (Accipiter virgatus)
– Rangkong (Buceros rhinoceros silvestris)
– Elang ular bido (Spilornis cheela bido)
– Srigunting hitam (Dicrurus macrocercus)
– Elang bondol (Haliastur indus)
– Belibis (Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo)

Data Taman Nasional Bromo Tengger Semeru :

Dinyatakan oleh : Menteri Pertanian, tahun 1982.
Ditunjuk oleh : Menteri Kehutanan, SK No. 278/Kpts-VI/97 dengan luas 50.276,2 hektar.
Ditetapkan :
Letak dan Lokasi : Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kab.Lumajang, dan Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur.
Temperatur suhu udara : 3° – 20° C.
Curah hujan rata-rata : 6.600 mm/tahun
Ketinggian tempat : 750 – 3.676 m. dpl
Letak geografis : 7°51’ – 8°11’ LS, 112°47’ – 113°10’ BT

Wisata Gunung Bromo adalah merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, salah satu gunung berapi yang masih aktif dan sebagai salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Jawa Timur pada khususnya dan indonesia pada umumnya serta wisatawan mancanegara. Pesona wisata Bromo yang paling menarik pengunjung adalah menikmati indahnya Wisata bromo sunrise tour atau juga bisa di katakan wista bromo midnightnya.

Dimana para wisatawan baik lokal atau manca negara rela bangun pada jam 03.00 pagi untuk melihat fenomena keindahanya. uniknya lagi saat berlibur di wisata Bromo dan sekitarnya adalah untuk mengeksplorasi keindahan yang berada di seputar taman nasional bromo tengger semeru khususnya di gunung bromo para wisatawan di wajibkan memakai armada jeep bromo / hartop yang telah di pesan sebelumnya, karena selain transportasi jeep bromo ada larangan melintas di kawasan kaldera tengger jadi kami bisa mengatakan bromo tour bersifat adventure. hehe seru kagak... :D

Selain Gunung Bromo, Wisata Trekking Gunung Semeru adalah salah satu obyek wisata yang banyak menyedot perhatian pengunjung. Khusus bagi pecinta petualang alam atau pendakian gunung, gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa yang juga berada di kawasan taman nasional bromo tengger semeru serta mempunyai ketinggian 3.676 mdpl, untuk melakukan pendakian ke puncak gunung semeru diperlukan waktu pendakian 3 hari 2 malam, untuk pemesanan paket tour Gunung Semeru 3 Hari 2 Malam silahkan kontak kami.

Rute atau Akses Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

www.bromomalang.com

Taman nasional ini adalah salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dengan adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta dan Malang-Denpasar diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik akan semakin meningkat. Selain Gunung Bromo yang merupakan daya tarik utama, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Meski demikian untuk sampai ke puncak Semeru tidaklah semudah mendaki Gunung Bromo dan para pendaki diharuskan mendapat izin dari kantor pengelola taman nasional yang berada di Malang.

Penggemar hiking disarankan untuk mengambil rute dari Malang karena bisa menikmati keindahan lautan pasir lebih panjang. Start point dapat dimulai dari Ngadas yang merupakan desa terakhir yang berada di dalam kawasan taman nasional serta tempat untuk melengkapi perbekalan terutama persediaan air karena setelah ini tidak akan dijumpai sumber air. Artikel di sarikan dari Wikipedia dan berbagai sumber

Seputar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mampu menarik atau menghipnotis ribuan pengunjung tiap harinya. Apalagi pada hari-hari liburan nasional. wisata bromo dipastikan kebanjiran wisatawan, keberadaan penginapan bromo seperti hotel sekitar Gunung Bromo dipastikan tidak bisa menampung banyaknya jumlah pengunjung aau wisatawan yang berlibur. Alternatif terbaik adalah dengan memakai penginapan rumah-rumah penduduk atau homestay, losmen atau villa yang disewakan warga sekitar yang rata-rata adalah suku asli tengger yang terkenal dengan upacara adat Kasodo.

Itulah sedikit Informasi Seputar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang keberadannya di jawa timur Indonesia dan merupakan Taman Nasional paling favorit serta banyak mendatangkan para penggemar traveling, semoga Informasi ini bermanfaat, untuk pemesanan paket wisata bromo, wisata bromo malang, wisata bromo kawah ijen silahkan hubungi Kontak Kami


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: