Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Pulau Merah Banyuwangi menurut Mbah Wikipedia Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak didekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Disana juga terdapat Pura dimana warga yang beragama Hindu melaksanakan upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

http://www.bromomalang.com/2015/05/wisata-pantai-pulau-merah-banyuwangi.html

Pada tahun 1990-an, kawasan Pulo Merah pernah rusak parah akibat diterjang bencana tsunami. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dibawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan kawasan wisata ini, salah satunya dengan memperbaiki akses jalan menuju lokasi.

Pada akhir 2012 lalu, Pemkab Banyuwangi telah memperkenalkan pantai ini ke dunia internasional melalui penyelenggaraan ajang lomba balap sepeda "Banyuwangi Tour de Ijen". Sebelum adanya "Tour de Ijen", akses jalan menuju Pantai lumayan berat, berupa jalan berbatu yang melintasi kawasan perkebunan karet dan cokelat milik PTPN XII.

Nama Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil ditepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.


 www.bromomalang.com


Para wisatawan menyewa payung disepanjang pantai, berpasir putih terbentang sepanjang tiga kilometer sehingga juga sesuai untuk keluarga. Namun, ombak yang cukup tinggi tidak terlalu sesuai untuk digunakan berenang, terutama bagi anak kecil.

www.bromomalang.com


Ombak dikawasan pantai cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar (surfing). Ombak dipantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter . Menurut penuturan warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini.

President INSA atau Asosiasi Selancar Indonesia, Jro Made Supatra Karang, mengatakan bahwa pemandangan dan ombak dikawasan wisata pantai pulau merah banyuwangi merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Saya juga sudah berkeliling dunia dan melihat pantai dibanyak negara, tetapi belum pernah melihat pantai yang seindah pantai ini. Pertama kali berkunjung ke sini, saya langsung takjub. Selain ombaknya menawan, bagus untuk surfing, keberadaan gugusan pulau-pulau juga menambah keindahannya. kami yakin kedepan bisa menjadi destinasi wisata Pantai andalan Banyuwangi.

Manurut Jro Made, Kelebihan Pulo Merah dibandingkan Plengkung antara lain pada ombaknya yang bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir, dan profesional dengan ketingian rata-rata dua meter. Berbeda dengan Pantai Plengkung atau G-Land yang hanya bisa dinikmati oleh peselancar profesional. Selain itu, Pulo Merah juga lebih mudah diakses dengan kondisi jalan yang mulus serta dekat dengan pemukiman penduduk. Dasar pantai yang tidak memiliki banyak karang juga lebih aman untuk para peselancar. Dibandingkan ombak Pantai Kuta, ombak dipantai lebih serius sehingga memungkinan para peselancar untuk melakukan manuver di dalamnya

Event Selancar Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pada tanggal 24 hingga 26 Mei 2013 diadakan lomba selancar disini, yaitu Banyuwangi International Surf Competition 2013 yang diikuti oleh 15 negara. Lomba selancar ini terdiri dari 3 kategori yakni, kategori internasional, kategori nasional, dan kategori lokal.

Indonesian Surfing Association (INSA) menilai kompetisi selancar internasional yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan semakin mempulerkan objek wisata tersebut ke masyarakat dunia.

Kompetisi selancar internasional dibuka Menpora Roy Suryo, diikuti sekitar 25 peserta dari 20 negara dan lebih kurang 100 peselancar lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan kompetisi selancar internasional merupakan salah satu agenda besar yang dirancang daerahnya untuk menggabungkan kegiatan olahraga dengan pariwisata. Pemilihan Pantai Pulau Merah sebagai destinasi baru untuk tujuan wisata di Banyuwangi, karena potensi ombak dan dukungan alamnya yang masih asli dan sangat bagus. Selama ini, para peselancar profesional mancanegara telah mengenal Banyuwangi melalui keindahan ombak Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama "G-Land".

Tahun lalu kami sudah memulai dengan menggelar lomba balap sepeda internasional "Tour de Ijen" untuk memperkenalkan kawasan wisata Kawah Ijen. Untuk tahun ini, kami fokus mempromosikan wisata pantai dengan menggelar kompetisi surfing internasional.

Selain pulau Merah Masih ada wisata banyuwangi yang cocok untuk dijadikan referensi liburan anda seperti Wisata Kawah Ijen atau Danau Kawah Ijen serta Taman Nasional Baluran. Jika anda tertarik untuk liburan dibanyuwangi kami Siap melayani anda, untuk pemesanan paket wisata bromo, paket wisata malang, dan paket wisata banyuwangi, paket wisata kawah ijen Silahkan Hubungi Kontak Kami.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: