Pantai Plengkung Surganya Para Peselancar

Pantai Plengkung Atau G-Land Banyuwangi

http://www.bromomalang.com/2015/11/pantai-plengkung-atau-g-land-banyuwangi.html
Kabupaten Banyuwangi tak henti hentinya mengenalkan dan mempromosikan kekayaan wisata alam mulai dari wisata kawah ijen, wisata pantai sukamade, wisata pantai teluk hijau, wisata pantai pulau merah dan satu lagi Objek Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi - Bagi Anda penyuka olahraga selancar, cobalah menjajal ombak ditempat Pantai Plengkung Banyuwangi.

Pantai yang terletak diujung timur Pulau Jawa ini merupakan salah satu surganya para peselancar. Dikenal juga dengan nama G-Land, Anda dapat merasakan serunya menunggangi gulungan ombak yang memukau. Dengan ombak tinggi, besar, serta memanjang itulah Pantai Plengkung dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak terbesar didunia.

Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal G-Land adalah Pantai yang terletak dikawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kab. Banyuwangi - Jawa Timur. lokasinya dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Kota Banyuwangi sekitar satu jam setengah. terletak dibagian tenggara Pulau Jawa, berada dalam gugusan Pantai Selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga Pantai Plengkung Bayuwangi termasuk berombak besar.

Ombak besar ini dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari Selatan (Antartika). letaknya berada disisir teluk Grajakan, maka dari situ sisi kanan memiliki ombak lebih dominan. Ombak berbentuk panjang, tinggi, serta berkecepatan tinggi. Ombaknya juga membentuk tabung ombak hampir sempurna sehingga menjadi favorit para penggila olaraga Surfing atau peselancar.

Kegiatan Menarik di Plengkung
Wisatawan yang datang ke Plengkung pada umumnya melakukan kegiatan berselancar. Para peselancar ini sebagian besar datang dari Bali karena lokasinya dapat diakses langsung dari Pantai Kuta Bali menggunakan speed boat.

Jika Anda tidak ingin bermain selancar dilokasi Pantai G-Land Banyuwangi, Anda dapat menikmati panorama pantainya yang indah. Hamparan pasir putih, air laut biru dengan gelombang yang tak pernah putus-putus adalah serangkaian pesonanya yang menarik.

Pada sebuah rumah panggung di tepian pantai, Anda dapat menonton aksi mendebarkan para surfer meliuk-liuk dan berusaha menjinakkan keganasan ombak Plengkung. Rumah panggung ini memang khusus disediakan bagi para penonton. Anda disarankan untuk membawa teropong untuk dapat menikmati tontonan seru tersebut. serta di seputar Pantai G-land Banyuwangi, terdapat pula sejumlah pantai lain yang dapat Anda kunjungi. Misalnya, Pantai Parang Ireng dengan air biru dan pasir putih kecoklatan.

Ombak Pantai G-Land | Plengkung Banyuwangi

http://www.bromomalang.com
Dahsyatnya ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi membuatnya masuk ke dalam jajaran “The Seven Giant Waves Wonder” sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Ketinggian ombak dapat mencapai hingga 4-6 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Formasi ini dapat mencapai panjang sejauh 2 kilometer. Inilah sebab mengapa para peselancar profesional memiliki ketertarikan tinggi untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung.

Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik bermula dari kisah ekspedisi para peselancar asing yang “menemukan” pantai G-land sebagai salah satu tempat berselancar. Pada tahun 1972, terdapat 8 kelompok peselancar melakukan ekspedisi menuju kawasan G-land. Ekspedisi ini selanjutnya dibagi ke dalam dua rute perjalanan, yakni melewati jalur darat dan jalur laut.

Tiga kelompok menggunakan boat dan lima kelompok lainnya menggunakan jalur darat. Perjalanan kelompok ekspedisi yang menggunakan jalur darat membawa mereka sampai ke Desa Grajagan. Dari desa ini mereka menyusuri pantai sekitar 20 kilometer untuk mencapai Plengkung. Sementara perjuangan kelompok jalur laut mencapai Plengkung lebih keras. Mereka sampai menghadapi kekurangan air bersih, namun pada akhirnya mendarat di Pantai Plengkung. Di sinilah mereka mendirikan camp untuk meninjau kelayakan Pantai g-land sebagai tempat surfing.

Pantai g-land memiliki ombak yang selalu ada terus-menerus di sepanjang tahun. Di bulan April – Agustus, ombak lautnya mencapai puncak tertinggi. Tidak aneh jika Pantai g-land telah lima kali dijadikan sebagai tempat kegiatan surfing berskala Internasional.

Ada empat tipe ombak Pantai Plengkung Banyuwangi - Pantai G-Land Banyuwangi. Para peselancar menyebut ombak paling kecil dengan istilah “chickens”, lalu “speedies”, dan “monkey trees”. Ombak terbesar dinamai dengan “kongs”.

Ombak paling besar biasanya muncul bulan Juni, Juli, serta November. Dalam rentang waktu tersebut, ketinggian ombak dapat mencapai ketinggian hingga 6 meter dan tentu saja pantai ini ramai dikunjungi para peselancar. Para surfer pemula juga dapat bermain dengan ombak di sekitaran Pantai Plengkung. Ada spot lain dengan ombak yang relatif tidak besar, namanya Pantai Batu Lawang. Spot ini cocok dijadikan tempat belajar beselancar sebelum menjajal ombak G-Land yang sesungguhnya.


Peta dan Rute Menuju Pantai G-Land | Pelengkung

Rute Perjalanan Pantai Plengkung Banyuwangi sangatlah menguji Adrenalin, jika dari Surabaya dan Malang menuju kearah tmur yakni Pasuruan - Probolinggo - Situbondo - Bondowoso - dan Terhir banyuwangi, dari banyuwangi dilanjutkan menuju alas Purwo, pasalnya ketika kita memasuki Alas Purwo jalanan menuju Pantai rusak parah dan jalanan licin ketika musim hujan karena jalanan bisa dibilang Jalan Makadam (batu bertata rapi belum ada aspal).

Alas Purwo juga terkenal keangkerannya yang katanya tempatnya orang-orang pintar bersemedi (mencari ilmu), bukan itu juga Alas Purwo juga menyimpan habitat hewan yang buas misal, Banteng, Badak Jawa, Harimau Jawa. Setelah kita masuk di pintu masuk Alas Purwo kita di wajibkan untuk melapor dan membayar biaya administrasi yang sudah ditetapkan oleh pihak Taman Nasional Alas Purwo.

Setelah melewati pintu masuk Alas Purwo kita akan melihat plang diatas ditengah perjalan menuju Pantai G-land Banyuwangi, yang menandakan bahwa tempat berkumpulnya para satwa-satwa liar penghuni Alas Purwo. Disarankan jika anda memiliki banyak waktu apa salahnya mampir sejenak melihatnya. Setelah melewati perjalan yang panjang kita akan disambut dengan plang diatas yang menandakan kita sampai pada kawasan Pantai Pancur Alas Purwo, Kab. Banyuwangi - Jawa Timur.

Kita dapat berhenti sejenak menikmati keindahan Pantai Pancur sebelum melanjutkan perjalan lagi sekitar 9 KM ke Pantai Plengkung. Dan juga kita bisa melihat Goa Istana tempat orang-orang bersemedi jaraknya sekitar 2 KM dari Pantai Pancur Alas Purwo dengan akses jalan kaki. Setelah puas menikmati Pantai Pancur dan Goa Istana Alas Purwo, Kab. Banyuwangi - Jawa Timur, kita masih akan melanjutkan perjalanan menuju Pantai G-land | Plengkung yang berjarak 9 KM dari Pantai Pancur.

Perjalanan harus menggunakan kendaraan yang sudah disediakan oleh pengelola, itu artinya kita harus menyewa kendaraan seharga Rp. 250.000/rombongan. Jenis kendaraan akan disesuaikan dengan jumlah rombongan jika rombongan banyak akan menggunakan mobil Pick Up, dan apabila rombongan berkisar antara 5 orang maka mobil yang di gunakan Jeep.

Setelah menempuh perjalan jauh kita akan disuguhkan pemandangan sangat indah dan melihat peselancar dari dalam maupun luar negri yang meliuk-liuk indah diatas ganasnya ombak Pantai Selatan. Tak kalah dengan pantai-pantai yang ada diluar negri sana, dan pantai pelengkung atau G-land ini di katakan oleh para surfing atau peselancar "Pantai G-Land | Pelengkung Surganya Para Peselancar" Pantai g-land | plengkung memiliki ombak yang selalu ada terus-menerus disepanjang tahun.

Di bulan April – Agustus, ombak lautnya mencapai puncak tertinggi. Tidak aneh jika Pantai Plengkung Banyuwangi telah lima kali dijadikan sebagai tempat kegiatan surfing berskala Internasional. jadi apa salahnya mencoba liburan dinegeri sendiri dengan harga yang terjangkau dan di jamin Indah dan akan selalu terkenang sepanjang masa.

Demikian Informasi tentang artikel Pantai G-Land Banyuwangi Semoga bermanfaat dan menjadi tujuan liburan anda di ahir pekan, untuk pemesanan paket wisata bromo murah, wisata bromo malang batu, wisata bromo kawah ijen, serta sewa jeep bromo dan sewa penginapan bromo murah silahkan hubungi kontak kami.

Pantai Plengkung Atau G-Land Banyuwangi


Baca Artikel Menarik Lainnya: