Pantai Prigi, Panorama Keindahan Menawan di Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek | Pantai Prigi adalah salah satu objek wisata alam andalan di Kabupaten Trenggalek. Pantai Prigi ini terletak pada wilayah Desa Tasimadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Jarak dari pusat kota trenggalek sekitar 48km. pantai prigi berada dideretan pantai selatan yang lansung berhadapan dengan samudra hindia, Pantai Prigi menawarkan keindahan pantai yang alami dengan panorama yang indah dipagi atau sore hari, namun keunikan pantai ini meskipun masih merupakan rangkaian pantai selatan yang dikenal memiliki ombak yang besar, pantai Prigi lebih cendrung memiliki ombak yang kecil bahkan relative lebih tenang bila dibandingkan dengan pantai-pantai selatan lainnya, hal ini dikarenakan ombak besar sudah terpecah oleh karang yang berada di tengah-tengah pantai. sehingga orang sering menyebutnya pantai pasir putih prigi.

Pantai Prigi Trenggalek

http://www.bromomalang.com

Pantai Prigi Trenggalek juga di kenal sebagai pelabuhan nasional dengan tangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau jawa, ketika anda menuju dan berlibur di pantai Prigi anda pasti menemukan nelayan dan para pemancing laut.

Umumnya semua pantai panas tapi berbeda dengan pantai Prigi, pantai Prigi Trenggalek cendrung dingin dan sejuk dikarenakan dilepas pantai tidak terkena sinar matahari karena terhalang oleh pepohonan yang tinggi dan tebing. jadi saya pastikan anda yang berada di lokasi pantai akan sangat puas menikmati keindahan pantai, jika menikmati suasana pantai tidaklah lengkap jika kita tidak menikmati ikan bakar khas dari olahan masyarakat sekitar serta hasil tangkapan nelayan yang tentunya masih segar.

Rangkaian pantai sekitar Pantai Prigi kira-kira sekitar 3 km ke arah timur dari Pantai Prigi, juga terdapat Pantai Karanggongso, pantai yang terkenal dengan pasir putihnya sepanjang 1,5 km. Air di pantai ini selalu jernih dan tenang sehingga cocok sebagai tempat mandi dan berjemur para pengunjung. Di dekat pantai terdapat Pondok Prigi, cottage, hotel, dan persewaan motor boat. Setelah dari pantai karanggongso, pengunjung bisa melanjutkan perjalananya menuju Pantai Damas, jaraknya sekitar 5 km ke arah barat daya dari Pantai Prigi. Pantai ini terletak di Desa Karanggandu yang masih alami.

Kehidupan Masyarakat Sekitar Pantai Prigi

pantai prigi dengan pesona keindahannya juga menyimpan sejuta budaya kearifan masyakat sekitar dan sejarah pada zaman dahulu yakni, Pada Bulan Selo (penanggalan Jawa), nelayan Pantai Prigi menggelar upacara tradisional “Larung Sembonyo”. Upacara ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan sang pembawa berkah sekaligus sebagai peringatan pernikahan Raden Tumenggung Yudha Negara, seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

Puncak upacara tradisional Larung Sembonyo ini ditandai dengan menceburkan sebuah tumpeng nasi kuning berukuran besar ke laut selatan Jawa alias Samudra Indonesia. Sebelum acara dimulai semuanya mengenakan pakaian adat Jawa terus memanjat doa. Dihadapan mereka berhadap-hadapan dan terdapat tetua adat, dengan bakaran kemenyan yang ditancapkan di atas pasir. Kemudian sebuah perahu nelayan mengantarkan tumpeng raksasa setinggi sekitar satu setengah meter, beserta segenap sesajian lainnya dibawa ke tengah laut. Ribuan warga Trenggalek, terutama masyarakat nelayan Prigi, serta Watulimo dan sekitarnya, menyaksikan larung tumpeng atau di bawahnya “gunungan nasi” itu.

Pesona Pantai Prigi Trenggalek

Pesona yang dimilki oleh pantai Prigi Trenggalek sangatlah menawan dengan sentuhan lembut pasir pantai dan deburan ombak yang tidak terlalu besar, karena dikelilingi oleh bukit bukit tinggi menjulang, atau bisa dikatakan teluk. lambaian daun kelapa seakan menyapa para wisatawan yang datang. Pengunjung bisa berenang dan bermain air dipantai ini,

anda juga bisa mengarungi ombak dengan menggunakan perahu yang di sewakan seharga Rp10.000/ 0rang maksimal 1 perahu di isi 10 orang.Di perahu ini anda bisa menikmati ke indahan pantai prigi dan dan tebing-tebing di laut. Pengunjung yang datang bisa mengisi waktunya dengan memancing, berkemah, bersantai sambil menikmati pemandangan yang elok.

Fasilitas Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek tidak berhenti pada pesona wisata alam pantai yang menwan namun juga ada tarik tersendiri dari pantai ini yakni begitu dekatnya fasilitas yang ada di kawasan pantai dengan titik lokasi pantai, seperti fasilitas camping ground yang disediakan oleh pengelola pantai Prigi. Namun bila menginginkan tempat yang lebih nyaman dapat menyewa cottage dan hotel yang ada disekitar pantai Prigi.

Setelah puas mengelilingi dan bermain dipantai yang mempunyai luas kurang lebih 4 km, sobat traveler dapat menikmati makanan ikan bakar khas pantai Prigi. Untuk bisa mencapai pantai Prigi akses juga sangat mudah karena memang kondisi jalan yang relative sangat baik. Masyarakat sekitar pantai Prigi masih menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong yang dapat dilihat dari kehidupan kesehariannya, salah satunya adalah saling membantu menarik perahu-perahu yang akan dipergunakan untuk melaut.

Rute Menuju Pantai Prigi Trenggalek

Untuk menuju pantai prigi sangatlah mudah cukup menempuh jalan provinsi. Yah namanya juga lokasi wisata favorit dan andalan Kabupaten, Plang petunjuk jalan lengkap di setiap persimpangan jalan, setelah memasuki gapura memasuki trenggalek ada pertigaan, jika dari arah tulunggagung itu belok kiri jika dari arah solo atau pacitan belok kanan, kemudian ikuti saja arah plang menuju pantai prigi.

Ikuti jalan tersebut memasuki kecamatan Bandung sampai mentok menemui pertigaan, jika ke kiri pantai Popoh, ke kanan adalah pantai prigi. Perjalanan terus berlanjut melewati Gunung Watulimo, jalan mulai berkelok kelok dengan samping kanan kiri hutan atau kadang juga permukiman. Disini kita akan melewati objek wisata andalan Trenggalek yaitu Gowa Lowo yang mempunyai sejarah dengan kerajaan Mataram.

Sesaat setelah melewati goa lowo lanjut saja lurus masih dengan jalan berkelok dan naik turun serta melintasi daerah Hutan dan daerah rawan tanah ambles, melewati daerah ini kita bisa melihat pemandangan laut yang di apit pegunungan. yang juga disediakan Gardu yang dinamakan gardu pandang. untuk menikmati indahnya pemandangan, disini juga disediakan warung warung untuk sekedar beristirahat.

Lanjut turun dari gardu pandang akan terlihat permukiman besar dan kawasan wisata pantai Trenggalek. Jika ke arah kanan kita bisa mengunjungi pantai prigi, karanggongso, dan pantai kecil lainnya. Jika ambil ke kiri kita bisa mengunjungi pantai Cengkongan, Hutan wisata mangrove dengan jembatan galaunya, dan pantai Damas.

Obyek Wisata Menarik

Demikian Postingan tentang informasi Pantai Prigi Trenggalek, semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan akhir pekan, untk pemesanan paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo malang, paket wisata kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Pantai Prigi Trenggalek


Baca Juga Paket Menarik Lainnya: