Yadnya Kasada Bromo, Ritual Adat Suku Tengger

Upacara Yadnya Kasada Bromo

http://www.bromomalang.com/
Upacara Yadnya Kasada Bromo atau Hari Raya Yadnya Kasada merupakan hari raya bagi masyarakat yang berada di kawasan bromo atau sering kita kenl dengan suku tengger bromo adalah sebagai wujud persembahan terhadap Sang Hyang Widi  dan para leluhur yang digelar setiap bulan Kasada hari-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger, Upacara adat ini digelar di Pura Luhur Poten, tepat di kaki Gunung Bromo, pada tengah malam hingga dini hari. Upacara adat suku Tengger ini bertujuan untuk mengangkat dukun atau tabib yang ada di setiap desa di sekitar Gunung Bromo. Dalam festival ini suku Tengger akan melemparkan sesajen berupa sayuran, ayam, dan bahkan uang ke kawah gunung tersebut. keseruan terjadi ketika pelemparan oleh masyakat tengger ke kawah gunung bromo, disituput masyarakat suku tengger juga berebut apa yang dilempar oleh masayarakat, itu yang menjadi keunikan di bromo, Suku Tengger Bromo dikenal sangat berpegang teguh pada adat dan istiadat terutama pada Upacara Yadnya Kasada Bromo ini, dan mereka jadikan Hindu lama sebagai pedoman hidup mereka. Keberadaan suku ini juga sangat dihormati oleh penduduk sekitar termasuk menerapkan hidup yang sangat jujur dan tidak iri hati. kembali ke Sejarah Gunung Bromo tentang asal muasal Suku Tengger Bromo di ceritakan bahwa Asal mula SUKU TENGGER diambil dari nama belakang RARA ANTENG dan JOKO SEGER. Keduanya membangun pemukiman dan memerintah di kawasan Tengger ini kemudian menamakannya sebagai Purbowasesa Mangkurat Ing Tengger atau artinya “Penguasa Tengger yang Budiman”.
http://www.bromomalang.com/

Berbicara tentang wisata gunung bromo atau gunung bromo merupakan tempat wisata di Jawa Timur, Indonesia dan menjadi Ikon pariwisata jawa timur yang lokasinya berada di kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), serta berada di daerah administratif empat kabupaten yakni : Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang, Namun yang paling ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang liburan ke gunung bromo adalah akses via probolinggo karena memiliki beragam fasilitas serta jalan yang sangat memadai, wisata gunung bromo memiliki berbagai view dan wisata yang luar biasa dan banyak mendatangkan para wisatawan seperti, Penanjakan 1 bromo, Kawah Bromo, padang savana dan bukit teletubbies serta pasir berbisik jadi ketika anda pergi ke gunung bromo atau bromo tour dan tepat pada hari raya yadnya kasada atau festival yadnya kasada akan semakin sempurna.

Upacara Yadnya Kasada Bromo

http://www.bromomalang.com/

Ritual upacara yadnya kasada yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat suku tengger memiliki agenda seperti pengambilan air suci dari mata air Widodaren, persembahyangan umat Hindu, pemberkatan sesajen yang akan dilarung, pengangkatan dukun baru (pemimpin upacara agama umat Hindu), dan pelarungan sesajen menuju kawah Gunung Bromo. Dalam upacara Kasada Adat Suku Tengger yang beragama hindu terdapat beberapa urutan upacara yang harus dilaksanakan agar upacara Kasada berlangsung dengan khidmat yaitu Puja purkawa, Manggala upacara, Ngulat umat, Tri sandiya, Muspa, Pembagian bija, Diksa widhi, Penyerahan sesaji di kawah Bromo.

Pelaksanaan Upacara atau Festifal Yadnya Kasada Bromo

Upacara kasada yang dilaksanakan pada tanggal 14  – 16 bulan Kasada atau saat bulan purnama tampak di langit.Upacara adat suku Tengger ini bertujuan untuk mengangkat dukun atau tabib yang ada di setiap desa di sekitar Gunung Bromo.  Ini adalah keunikan tersendiri karena upacara adat yadnya kasada ini hanya dimiliki oleh suku Tengger Bromo dan tidak ada lagi upacara Kasada yang serupa di seluruh dunia. Walaupun ada di Bali tapi upacaranya berbeda.

Demikian Informasi tentang artikel Upacara Yadnya Kasada Bromo, semoga bermanfaat, untuk pemesanan paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo batu malang, paket wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami

Upacara Yadnya Kasada Bromo