Air Terjun Umbulan, Sumber Mata Air Alami di Sukapura, Probolinggo

Air Terjun Umbulan, Sukapura Probolinggo

Air Terjun Umbulan | Kecamatan Sukapura tidak hanya memiliki wisata bromo yang terkenal dengan keindahan sunrisenya dipenanjakan 2 Bromo(seruni point) namun juga memiliki keindahan air terjun yang sangat bagus, Apa Itu coba tebak? yaa salah bukan air terjun madakaripura tapi ini air terjun umbulan.

Air terjun umbulan ini memilki view yang sangat indah namun masih belum banyak para wisatawan yang datang kesini dikarenakan kurang dikelola, selain dari maysarakat sekitar juga tidak adanya dukungan oleh pemerintah daerah. lokasi air terjun umbulan ini tidak jauh dari air terjun madakaripura -+15 menit. Air Terjun Umbulan ini memilki pemandangan yang indah dan masih alam karena masih belum banyak wisatawan yang datang, air yang keluar dari air terjun umbulan ini adalah sumber mata air masyarakat Se-Sukapura, baik untuk kebutuhan mandi, Cuci dan untuk masak, karena masih alami dan masih sangat jernih. 

Air Terjun Umbulan


Tidak mudah untuk menuju air terjun ini, perlu perjuangan yang sangat dan butuh tenaga yang exstra, karena jalan yang akan dilalui naik turun dan anda yang datang akan melewati 2 jembatan, dan sudah di paving oleh masyarakat sekitar, setelah akan sampai di lokasi titik air terjun anda akan menemukan tangga besi dengan panjang -+ 35 meter dalam keadaan turun, hehehe.

Namun, setelah berada dilokasi air terjun umbulan, rasa lelahpun hilang seketika setelah melihat pemandangan air terjun umbulan tersebut. “Luar biasa bagus, ini tidak kalah bagus dengan air terjun Madakaripura, air terjun umbulan ini akan lebih bagus ketika musim hujan tiba, karena debit airnya yang sangat tinggi, para wisatawan yang datang bukan hanya dari Kota atau Kabupaten Probolinggo saja namun juga ada yang dari Surabaya, Jogjakarta, Mojokerto dan Juga Solo, yang sekalian tujuan mereka menuju liburan ke gunung bromo. tapi medan seperti ini tidaklah disarankan untuk dikunjungi para wisatawan yang lanjut usia, karena medan yang tidak mendukung.


Air Terjun Umbulan ini tidak pernah di perhatikan oleh pemerintah daerah, padahal akses jalan utama adalah jalan raya satu satunya menuju wisata bromo dan juga sangat dekat dengan pemukiman warga dan Kecamatan Sukapura, fasilitas tempat parkirpun masih belum tersedia di lokasi air terjun umbulan ini. tidak sedikit para pecinta traveler yang nerkunjung ke air terjun umbulan ini, namun ketika melihat fasilitas kurang memadai sayang air terjun umbulan ini jika di kelola dengan baik.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Umbulan

Air terjun Umbulan, begitulah warga sekitar menyebutnya. Secara administratif air terjun Umbulan terletak di desa Sukapura kec. Sukapura kab. Probolinggo. Untuk menuju lokasi air terjun Umbulan, dari kota tinggal mengikuti petunjuk ke Bromo, sekitar 500 meter setelah melewati pasar Sukapura disisi kiri jalan ada kantor Telkom dan tepat di sampingnya terdapat gang kecil yang merupakan akses jalan satu - satunya untuk menuju ke air terjun Umbulan. Dari sini tinggal mengikuti jalan yang berupa jalan paving dan berganti jalan cor. Dan untuk turun kebawah air terjun akses jalan berupa tangga besi.

Jika dilihat dari keadaannya, sebenarnya akses jalan menuju air terjun sudah dibuat namun dibeberapa bagian sudah ada yang rusak dan berlumut yang membuatnya sangat licin jika basah oleh air hujan dan embun. Saran kami bromomalang.com jika berkunjung kesini jangan disaat hujan atau habis hujan karena bukan hanya medan yang licin, tapi juga rawan longsor dan banjir.

Demikian postingan informasi Air Terjun Umbulan Sukapura, Probolinggo. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan ahir pekan, untuk pemesanan paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo batu malang, paket wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami

Air Terjun Umbulan


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: