Pulau Gili Ketapang Probolinggo Indah nan Eksotis

Pulau Gili Ketapang Probolinggo

http://www.bromomalang.com
Pulau Gili Ketapang Probolinggo - Probolinggo tidak hanya memberikan keindahan pegunungan yang idah seperti wisata bromo serta air terjun tertinggi nomer 02. di Indonesia yakni Air Terjun Madakaripura, gunung bromo itu sendiri terkenal didunia travelling dengan keindahan sunrisenya (bromo sunrise tour).

Disisi lain dari kekayaan wisata alam diprobolinggo adalah adanya sebuah pulau diselat madura yaitu pulau gili. Pulau kecil yang sangat indah, laut yang kehijauan dan Pasir yang sangat putih yang akan menambah keindahan pulau ini, warga sekitar menamakannya “Pulau Gili Ketapang Probolinggo“ yang artinya (Pulau yang Mengalir).

Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km dilepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Luas wilayahnya sekitar 68 ha, dan jumlah penduduknya 7.600 jiwa (2004), yang sebagian besar adalah Suku Madura dan bermata pencaharian sebagai nelayan. Penduduk pulau ini dikenal relatif makmur. Gili Ketapang merupakan salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Pulau terebut dihubungkan dengan Pulau Jawa dengan perahu motor melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Tidak jarang masyarakat lokal probolinggo yang berkunjung ke pulau gili ini karena keindahannya, selain airnya jernih juga banyak ikan ikan karang yang bisa dilihat dengan mata telanjang dan di sebelah timur pulau gili juga sangat bagus sekali, selain airnya jernih juga banyak tumbuhan karang yang dihiasi ikan warna warni, menurut kami tempat ini sangat cocok untuk dijadikan "wisata snorkeling" seperti dikarimun jawa Jepara Jawa Tengah, tidak jarang juga pulau gili ketapang probolinggo di jadikan sebagai sport mancing terbaik yang ada di laut probolinggo, bidikan ikanpun juga tidak kalah menarik dengan mancing mania yang disiarkan oleh Trans 7, wew.. sangat menarik juga untuk dijadikan spot mancing bagi anda yang senang atau penghobi memancing.

Sejarah Pulau Gili Ketapang Probolinggo
Menurut cerita masyarakat setempat, dahulunya Gili Ketapang merupakan satu kesatuan dengan dataran Probolinggo, tepatnya dengan Desa Ketapang dan hanya dipisahkan dengan sungai. Namun karena gempa sebagai akibat dari meletusnya Gunung Semeru, daratan tersebut kemudian terpisah sejauh 5 mil menuju tengah laut.

Akhirnya dataran yang terpisah tersebut diberi nama dengan Gili Ketapang yang diambil dalam bahasa Madura dimana Gili berarti mengalir dan Ketapang merupakan nama desa kala masih bersatu dulu. Sehingga bila diartikan Gili Ketapang berarti Ketapang yang mengalir. Bahkan menurut kepercayaan masyarakat, sampai saat ini pun lokasi Gili Ketapang semakin menjauh secara perlahan ke tengah laut.

Batas-batas Pulau Gili Ketapang adalah pelabuhan dan pantai berkarang yang berada di sebelah utara, perkampungan nelayan di sebelah timur dan selatan, terakhir pantai putih yang menjorok ke laut di sebelah barat pulau ini. Sunset di pulau ini juga tidak kalah indah dibandingkan dengan tempat-tempat lain yang ada di indonesia. Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, tapi juga menyimpan misteri lewat beberapa tempat seperti Gua Kucing yang berada di sebelah timur gili ketapang ini, pulau ini konon dulu dihuni banyak kucing. Mitos tersebut ada lewat keberadaan Gua Kucing. Namun sekarang kalau Anda mampir ke sana, nyaris tak akan menjumpai kucing sama sekali.

Keindahan di Pulau Gili Ketapang Probolinggo

http://www.bromomalang.com
Goa Kucing di Pulau Gili Ketapang konon merupakan petilasan Syech Maulana Ishaq seseorang penyebar agama islam dalam perjalananya dari gresik menuju blambangan, banyuwangi. Pada waktu itu terdapat puluhan ribuan ekor kucing dari hasil peliharaan Syeh Maulana Ishaq dan juga terdapat kucing yang kepalanya bertuliskan bahasa arab.

Ketika tokoh penyebar agama islam tersebut meninggalkan pulau ini, kucing-kucing tersebut ditinggalkan begitu saja sehingga hilang tak tentu arah. Tetapi anehnya setiap malam jum’at legi suara “meong” kucing-kucing itu terdengar bergantian disela-sela goa yang gelap gulita dan jika suara tadi dikejar, hilang tak terdengar lagi, sedang kucingnya tidak juga tampak. Hingga kini, banyak orang mengharapkan berkah dari goa kucing tersebut, terutama pada malam jum’at legi. dan juga banyak orang yang bertapa di dekat goa kucing yang berada di Pulau Gili Probolinggo.

Selain Ada Goa Kucing Ada satu Lagi keindahan pulau gili yang patut dia acungi jempol yakni anda bisa melakukan snorkeling disini, terumbu karang juga tidak kalah jauh dengan pulau menjangan banyuwangi dan pulau karimun jawa jepara, harganyapun juga relatif murah, dengan biaya Rp.150.000 / orang sudah bisa dengan leluasa untuk menikmati dan mengabidakan foto di bawah laut bersama ikan ikan dan terumbu karang yang ada di pulau ini. penasaran dan tertarik dengan pesonanya? yuk exsplorasi pulau dan pantainya.

Rute Menuju Pulau Gili Ketapang Probolinggo
Sangatlah mudah untuk menuju Ke pulau gili ketapang probolinggo, jika anda dari Surabaya/Malang tinggal pergi keterminal bungurasih yang dari surabaya, dan terminal malang jika anda dari kota malang, Tarif Bus dari Surabaya/Malang menuju probolinggo tarifnya sama -+ Rp. 20.000, setelah tiba di terminal probolinggo, anda bisa menggunakan Ojek menuju pelabuhan probolinggo dengan tarif Rp. 15.000,

Tiba dipelabuhan anda mencari kapal penumpang yang akan menuju ke pulau gili ketapang dengan tarif Rp. 5000 (usakan jika ingin ke pulau gili siang hari anda harus sudah berada di pelabuhan probolinggo karena terbatasnya kapal penumpang menuju pulau gili), dari pelabuhan probolinggo menuju pulau gili ketapang -+ 1 jam perjalanan, setelah tiba di pulau gili dan sebelum kapan bersandar di pelabuhan yang ada di pulau gili anda akan menyaksikan ikan langsung yang berada di belakang kapal seakan mengiringi kedatangan kita ke pulau gili ketapang nan indah dan eksotik ini.

Untuk keindahan pantai dipulau ini tidak bisa diragukan lagi, pantai yang kehijauan dan pasir yang sangat putih dan dilengkapi dengan penduduk setempat yang sangat bersahabat, namun tempat ini lebih panas dari pada cuaca normal disekitar di Kota Probolinggo.

Demikian Informasi artikel Pulau Gili Ketapang Probolinggo semoga bermanfaat, untuk pemesanan paket wisata bromo murah, paket wisata bromo malang batu, paket wisata bromo kawah ijen, serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak kami.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: